SeruuMart - Digital Marketplaces
Rabu, 7 Desember 2016
Pembagian raskin

Bogor, Seruu.com - Sebanyak 127 keluarga miskin di Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, menerima bantuan dana bergulir program Kelompok Usaha Bersama Keluarga Miskin (KUBE GAKIN) dari Pemerintah Daerah.

Sekretaris Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah, Susanto, dalam siaran pers Humas Pemkot Bogor Kamis mengatakan, ke 127 keluarga yang menerima bantuan KUBE GAKIN adalah keluarga miskin yang sudah teregistrasi dalam data basa kelurahan. "Masing-masing keluarga mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu," katanya.

Dijelaskannya, bantuan yang diberikan Pemerintah Daerah Kota Bogor bukanlah dana hibah melainkan bantuan modal usaha untuk membantu masyarakat miskin.

Melalui bantuan usaha tersebut, diharapkan masyarakat miskin dapat mengembangkan usaha untuk meningkatkan perekonomiannya. "Kami berharap para penerima dapat menjaga kestabilan tingkat pengembaliannya. Sehingga dana ini dapat terus diputar untuk membantu masyarakat lainnya," katanya.

Penyerahan dana bantuan usaha disambut baik masyarakat, hal ini disampaikan Ketua Usaha Ekonomi Simpan Pinjam (UEK SP) Kelurahan Paledang M Nurdat Ilhamsyah.

Nurdat mengatakan, sejauh ini tingkat pengembalian program KUBE GAKIN Kelurahan Paledang sudah mencapai 96,2 persen dari dana yang digulirkan tahun sebelumnya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan bukti prestasi para pendamping yang telah mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dana bantuan dengan sebaik-baiknya.

Ia berharap ke depannya Pemerintah Kota Bogor yang telah menggulirkan dana tersebut bisa memberikan tambahan dana operasional untuk menunjang program tersebut. "Karena dana operasional untuk menunjang program tersebut sangat minim. Jadi kami berharap kedepan dana operasional dapat ditambah," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Teti Sovia mengatakan, dana Rp500 ribu per kepala keluarga dinilai sangat minim.

Namun, jika dana tersebut dimanfaatkan secara maksimal dan sebaik-baiknya maka tidak mustahil dapat menunjang perekonomian keluarga. "Pergunakanlah dana ini untuk menambah modal usaha atau berjualan sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh keluarga," katanya.

Teti menambahkan, program KUBE GAKIN merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Bogor dalam mengentaskan kemiskinan. Meski jumlah dana yang disalurkan tidak seberapa. Namun, Teti optimistis bantuan tersebut jika dimanfaatkan sebaik mungkin dapat mendorong perbaikan perekonomian masyarakat.
[ndis]

KOMENTAR SERUU