SeruuMart - Digital Marketplaces
Rabu, 7 Desember 2016
Jembatan Antasari Yang Sudah Bertahan Sejak Jaman Belanda

Banjarmasin, Seruu.com - Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan bakal memiliki sebuah jembatan besar lagi setelah adanya keinginan pemerintah setempat mewujudkan jembatan yang menyeberangi Sungai Martapura. Kepala Dinas Bina Marga Banjarmasin, Ir Fajar Desira kepada pers di balaikota Banjarmasin, Kamis (05/1/2012) mengakui adanya keinginan Pemkot membangun sebuah jembatan besar lagi.

Jembatan yang rencananya di Bangun itu menyebarangi Sungai Martapura antara Desa Sungai Jingah ke Desa Sungai Bilu, dengan panjang 125 meter dan lebar sembilan meter.

Bila nanti jembatan tersebut terwujud maka di dalam Kota Banjarmasin terdapat delapan besar menyerangi Sungai Martapura untuk memecah kemacetan lalu-lintas yang belakangan kian dirasakan masyarakat.

Jembatan besar yang dibangun sejak Belanda yaitu Jembatan Pangeran Antasari, Jembatan Pasar Lama, dan Jembatan Dewi, setelah itu baru dibangun lagi Jembatan Lingkar Basirih, Jembatan RK Ilir, Jembatan Merdeka, serta Jembatan Banua Anyar.

Pemkot Banjarmasin sendiri memastikan melakukan desain Jembatan Sungai Jingah-Sungai Bilu pada APBD tahun 2012 nanti dengan nilai Rp600 juta.

Bila keinginan Pemkot tersebut didukung sepenuhnya oleh pihak anggota DPRD setempat, maka selanjutnya pembangunannya akan dianggarkan melalui APBD setempat, tambah Fajar Desira.

Menurut rencana, desain yang akan dibuat jembatan tersebut beda dibandingkan jembatan sebelumnya, nantinya dibuat sedemikian rupa yang bernilai seni dan memiliki ciri khas setempat, mungkin bentuknya melengkung atau seperti jembatan layang.

"Kita ingin melihat bentuk jembatan nanti berarsitektur khas budaya lokal, serta memiliki nilai seni yang mungkin mampu menjadi ikon kota," katanya.

Ketika ditanya mengenai lokasi pastinya, ia masih belum bisa menentukan tergantung ketersediaan lahan, ada yang menghendaki di lokasi sekitar kelurahan Kampung Melayu, dan sekitar Simpang Sungai Bilu.

Kota Banjarmasin berjuluk kota seribu sungai ini terdapat sekitar 300 jembatan, tetapi tujuh jembatan besar dan selebihnya jembatan yang menyerangi sungai-sungai kecil yang merupakan anak Sungai Martapura dan Sungai Barito.

Jembatan Sungai Barito yang panjangnya satu kilometer lebih berada di pinggiran kota setempat, sudah berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala.
[ndis]

KOMENTAR SERUU