Ilustrasi (Istimewa)

Makassar,Seruu.com - Ratusan warga di empat desa di kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi tenggara menggelar aksi, Rabu, (4/1/2012). Mereka menolak keberadaan perusahaan tambang PT Ififdeko, karena dianggap berdiri diatas lahan mereka.

Aksi ratusan warga tersebut dipusatkan di lokasi PT Ififdeko, sejak Rabu siang. Mereka sengaja melakukan aksi dilokasi tersebut karena mengklaim perusahaan tersebut telah mengambil tanah garapan warga dan tidak membayar ganti rugi kepada warga.

"Mereka hanya datang begitu saja dan tidak memberikan kompensasi apapun kepada kami," Kata Laode, salah seorang warga yang mengklaim pemilik tanah.

Makanya itu, warga tersebut mendesak agar pihak perusahaan berbaik hati untuk segera membayar uang ganti rugi tenah tersebut. Apalagi, perusahaan diketahui telah melakukan aktivitas penambangan. Jika tidak, warga mengancam akan menduduki perusahaan tersebut.

Akibat aksi tersebut, aktivitas di area pertambangan dilaporkan sempat terhenti.  Warga sedianya mau menduduki lahan tersebut sejak kemarin. Namun niat warga tersebut batal setelah Camat Tinanggea bersedia mempertemukan warga, Pemda Konawe Selatan serta pihak perusahaan.

Dalam pertemuan tersebut menurut Laode, bahwa warga tidak keberatan jika ada perusahaan yang berinvestasi ke wilayah mereka. Asalkan tidak mengabaikan hak-hak warga. (hsb)

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU