Mobil Esemka (Istimewa)

Makassar, Seruu.com - Walikota Makassar Ilham Arif Sirajuddin mengaku tertarik menggunakan mobil rakitan siswa SMKN 2 Surakarta. Selain karena murah, hal ini juga penting untuk memupuk kemandirian anak bangsa dalam bersaing di kancah industri otomotif dunia.

 

“Jika memang betul – betul layak dan representatif serta aman dipakai kenapa tidak. Apalagi jika memang harganya murah," ujar Ilham kepada wartawan di wisma kalla, Rabu, (4/1/2012).

Saat ini, Ilham menggunakan mobil dinas Daihatsu Terios berwarna emas, dengan nomor polisi DD 1 A.

Ketua harian PMI Sulsel ini juga memberi acungan jempol kepada para siswa SMKN 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta yang mampu merakit kendaraan tipe SUV dengan besutan mesin 1.500 cc dengan merek 'Kiat Esemka'.

“Untuk melakukan kegiatan di ruas – ruas jalan di kota Makassar dibutuhkan mobil yang tidak terlalu besar serta ramah terhadap lingkungan,"lanjutnya lagi.

Saat ditanya terkait pengembangan mobil nasional di Makassar, Ilham mengatakan butuh kajian yang lebih mendalam. Pasalnya Indonesia pernah mengalami pengalaman soal mobil nasional, PT. Timor.

"Industri mobnas yang dulu pernah di kembangkan oleh PT. Timor sebenarnya tidak memberikan satu indikasi keberhasilan. Kecuali jika industri tersebut melakukan kerja sama dengan merk besar," kata Ilham. [hsb]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU