Mataram, Seruu.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Nasional, Rabu ( 04/01 ) menggelar aksi di Simpang Empat Bank Indonesia Mataram. Dalam aksinya, mereka menuntut pencopotan Kapolda NTB, Kapolres Kabupaten dan Kota Bima, serta pencabutan SK no.188.45/347/004/2010 tanggal 28 april yang diberikan kepada PT. Sumber Mineral Nusantara

Dalam orasinya mereka menilai peristiwa Sape Berdarah sebagai akibat dari sikap arogansi aparat Kepolisian. Setidaknya peristiwa tersebut telah membawa korban jiwa, baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka dan hingga kini masih dirawat baik dirumah sakit maupun Puskesmas.

Ijin pertambangan dari Bupati Bima yang dituangkan kedalam SK 188 dituding menjadi akar permasalahan. Atas peristiwa yang terjadi di Lambu Bima banyak temuan akan kuatnya dugaan bahwa bahwa pihak kepolisisan melakukan pelanggaran protap pengamanan.

Dalam selebaran yang mereka bagikan, mereka menuntut hentikan kriminalisasi dan intimidasi serta meminta membebaskan masyarakat Lambu yang masih ditahan, Cabut SK Bupati Bima nomor 188, Copot Kapolda NTB dan Kapolres Kabupaten dan Kota Bima.

Selain itu, ia menuntut agar semua pasukan ditarik dari Sape Bima 1 kali 24 Jam, bentuk Tim investigasi untuk mengusut tuntas traged penembakan. Dan meminta Gubernur, Bupati Bima dan Kapolri Jenderal Polisi Timor Pradopo bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.

Aksi mereka sempat membuat arus lalu lintas baik yang datang dari arah barat, utara maupun selatan sedikit terganggu, karena mereka membuat lingkaran yang hamper memenuhi simpang empat.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas, aparat kepolisian yang melakukan pengamanan akhirnya berkoordinasi dengan kordinator lapangan, meminta meraka mengakhiri aksinya di Simpang empat Depan Bank Indonesia, yang akhirnya mereka melanjutkan aksinya di Gedung DPRD NTB. (ndis)

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU