Seruu.com - Malam pergantian tahun di Jakarta Selatan ternyata menyisakan puluhan ton sampah. Tidak tanggung-tanggung, sampah yang terkumpul mencapai 400 meter kubik atau setara dengan 88 ton.

 

"Di Jakarta Selatan memang tidak ada tempat spesifik untuk perayaan malam tahun baru. Tapi ini mayoritas dikumpulkan dari pusat keramaian seperti mal dan restoran," kata Zaenal Syarifuddin, Kepala Seksi Pengendalian Sampah Sudin Kebersihan Jakarta Selatan di Jakarta, Senin (2/1).

Sampah tersebut diangkut oleh ratusan petugas dengan menggunakan 40 truk sampah. Selain truk sampah, petugas juga dilengkapi dengan peralatan lain seperti street sweeper, mobil bak terbuka, dan shovel loader. Tidak hanya di pusat perbelanjaan, petugas juga mengumpulkan sampah dalam jumlah besar dari tempat rekreasi Taman Margasatwa Ragunan (TMR). "Kalau siang hingga sore kemarin paling banyak dari kebun binatang Ragunan," ucap Zaenal.

Sementara untuk rencana tahun 2012 Zaenal mengatakan, pihaknya mencoba menekan jumlah sampah dari seluruh kecamatan di Jakarta Selatan. Upaya itu dilaksanakannya dengan menggelar berbagai penyuluhan kepada warga untuk mengaplikasikan program 3R.  Upaya tersebut dilakukan dengan berkoordinasi langsung dengan pihak kecamatan, kelurahan, hingga individu.

"Jadi ada 3R yaitu Recycle-Reduce-Reuse. Kami menghimbau warga untuk mengurangi jumlah sampah dengan cara mengolah sampah jadi kompos," jelas Zaenal. [beritajakarta]

KOMENTAR SERUU