Mahasiswa UIM Makassar Ancam Pindah Kampus
Kami tidak tahu bagaimana persoalan sebenarnya hingga sanksi turun. Yang kami sesalkan juga adalah karena kami tidak ada pemanggilan ataupun pemberitahuan dari awal sebagai klarifikasi,

Makassar, Seruu.com - Ratusan mahasiswa Universitas Islam Makassar (UIM), menggelar aksi unjuk rasa di depan kampus mereka, Senin, (2/12/2012). Aksi ini merupakan merupakan aksi susulan yang dilakukan untuk memprotes sanksi pemecatan oleh pihak rektorat terhadap sejumlah rekan mereka.

 

Mahasiswa mengatasnamakan Aliansi Lembaga Mahasiswa Peduli UIM ini sejak siang telah menutup pintu masuk kampus. Mereka menghalangi seluruh mahasiswa UIM masuk kampus agar bergabung dalam aksi tersebut.

Dalam pernyataan sikap mereka, mahasiswa menolak sanksi terhadap 4 mahasiswa, yang masing-masing 2 dipecat dan dua lainnya diberi sanksi skorsing kuliah. Salah seorang pengunjukrasa menegaskan, sanksi terhadap rekan mereka adalah sepihak.

“Kami tidak tahu bagaimana persoalan sebenarnya hingga sanksi turun. Yang kami sesalkan juga adalah karena kami tidak ada pemanggilan ataupun pemberitahuan  dari awal sebagai klarifikasi,” tegas Alam.

Dalam tuntutan lainnya, mahasiswa mendesak pembubaran Komisi Disiplin kampus. Lembaga tersebut dinilai sebagai lembaga arogan, dan hanya dibuat untuk membungkam mahasiswa yang kritis terhadap kebijakan kampus. Keberadaan Komdis dikampus tidak memiliki dasar hukum karena tidak diatur dalam statuta universitas.

Kekecewaan lainnya terhadap pihak kampus adalah minimnya sarana dan prasarana Kampus UIM yang membuat mereka harus meminjam gedung SMK untuk dijadikan sebagai tempat kuliah. Mahasiswa juga mengancam akan pindah secara berjamaah ke kampus lain jika tuntutan mereka ditolak.

Dalam aksi tersebut, sempat diwarnai ketegangan antara pihak kampus dengan wartawan. Pasalnya pihak kampus menghalang-halangi wartawan yang akan meliput aksi. Bahkan mereka mengusir wartawan untuk meninggalkan titik aksi.

Informasi yang dihimpun, dua orang mahasiswa dipecat dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik karena dituduh telah menyimpan botol minuman keras di salah satu secretariat mahasiswa. Sedangkan dua mahasiswa lainnya yang diskorsing berasal dari Fakultas MIPA atas tuduhan mencoret dinding kampus. [hsb]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU