Makassar, Seruu.com - Ketidakjelasan nasib Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengundang kemarahan dari ratusan mahasiswa di kampus tersebut. Kemarahan diperlihatkan dengan menyegel kampus mereka sendiri, yang beralamat di Lembang, Majene, Sulawesi Barat, Minggu, (1/1/2011).
 
 

Salah seorang pengunjuk rasa, Mukhtar menegaskan, penyegelan tempat kuliah mereka lakukan Karena kecewa dengan pengelola dan Pemprov Sulbar. “Sudah banyak janji yang disampaikan utamanya soal status menjadi kampus negeri, tapi sampai saat ini belum jelas,” tegas Mukhtar dalam orasinya.
 
Ketidakjelasan status tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi 4 ribu mahasiswa Unsulbar yang telah menempuh pendidikan selama 4 tahun terakhir. Kekhawatiran itu yang memicu gerakan mahasiswa di daerah tersebut, meski hari libur.
 
Sejak Minggu pagi, mahasiswa telah berkumpul di depan rektorat hingga memenuhi jalan didepan kampus mereka. Target aksi mereka memang bukan untuk berdialog sebab dialog sudah berkali-kali dilakukan namun tak pernah terwujud.
 
Setelah massa yang berkumpul cukup banyak, mereka kemudian melakukan orasi menyampaikan keprihatinan mereka. Menjelang siang, tanpa dikomando, para mahasiwa itu kemudian bergerak memasuki seluruh ruangan kelas dan mengeluarkan semua kursi.

Kursi ini kemudian ditumpuk di depan kelas untuk menyegel ruang kelas dan pintu kantor rektorat. Mereka juga menyusun kursi sebagai barikade agar setiap orang tidak bisa masuk ke kampus. Bahkan beberapa kursi dibuang ke dalam selokan yang ada di depan kampus tersebut.

Usai menyegel kelas dan kantor rektorat, massa yang tidak bertemu dengan satupun pengelola dan dosen, kemudian bergerak ke mess Unsulbar. Di tempat ini, massa juga menyegel pintu-pintu mess dan membakar sejumlah atribut kampus yang ditemukan di sekitar mess. [hsb]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU