banjir brebes

Brebes, Seruu.com – Disaat banyak warga yang merayakan meriahnya tahun baru dengan berbagai pesta kembang api, sekitar 4.000 jiwa dari total 46.726 jiwa korban banjir dari empat kecamatan di Kabupaten Brebes (Jateng), justru harus mengungsi. Mereka merayakan tahun baru di posko pengungsian yang disediakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

 

Dua posko pengungsian bagi para korban bencana banjir yang didirikan BPBD yakni di Desa Tanjung dekat Hotel Dian dan Desa Kecipir, Kecamatan Losari. Selain posko pengungsian, BPBD juga menyiapkan tenaga medis puskesmas dan PMI untuk melayani pengobatan bagi para pengungsi.

            
Kepala BPBD Pemkab Brebes, Drs Supriyono, Minggu (1/1/2012), mengemukakan, bencana alam banjir terjadi akibat meluapnya tiga sungai dengan ketinggian air antara 1 meter hingga 1,5 meter. Yakni Sungai Kebuyutan, Babakan, serta Ciapit. Empat wilayah yang dilanda banjir masing-masing Kecamatan Tanjung, Kersana, Losari, serta Banjarharjo. Sedang perumahan penduduk yang terendam banjir terdapat di 18 desa.

            
Dijelaskan, BPBD memperkirakan jumlah kerugian materi mencapai miliaran rupiah. "Banjir yang melanda empat kecamatan menyebabkan ratusan ayam kampung milik warga mati. Banjir juga merusak sekitar 100 hektar areal tambak dan 200 hektar tanaman bawang merah," katanya.

            
Luapan banjir Sungai Kebuyutan juga merendam jalan nasional di jalur pantura di Desa Tanjung setinggi antara 20 cm hingga 30 cm. Akibatnya, arus lalu lintas kendaraan di lokasi ini sempat terjebak kemacetan.

            
Sedang satu perdukuhan, yakni Blangko, Desa Tanjung kini terisolir karena ketinggian air  setinggi orang dewasa. Ini karena lokasi Dukuh Blangko tak jauh dari Laut Jawa yang terkena rob.

            
Bencana banjir juga merendam fasilitas umum seperti Sub Terminal Tanjung, kantor desa, musala, kantor unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Pendidikan, sejumlah SD, SMP,SMA, serta empat tempat pemakaman umum (TPU). Bencana banjir terjadi seiring intensitas hujan yang tinggi dan terus menerus di empat kecamatan sejak Sabtu (31/12/2011) sore. [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (2 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU